Kota Surabaya

Jaga Kesehatan di Masa Pandemi, Warga Gelar Senam dengan Protokol Anti Covid-19

Sekitar 100 warga Wisma Penjaringan Sari (WPS), Surabaya, mengikuti senam pagi bersama, Minggu (26/7/2020). Gerakan yang mengatasnamakan Komunitas Hidup Sehat Bersama (HSB) ini diadakan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Pandemi ini tidak tahu kapan akan berakhir. Tapi semangat menjaga kesehatan perlu ditegakkan, salah satunya dengan kegiatan kolektif seperi ini,” jelas Pringgo Anggono, warga perumahan yang berlokasi di kawasan Rungkut ini.


Dijelaskan, kegiatan senam bersama adalah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan sehat bersama yang nanti akan digelar.

“Selain sehat bersama, harapannya tentu saja agar warga satu sama lain bisa saling mengenal,” tambahnya.

Senam yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB ini merapkan protokol kesehatan anti Covid-19 yang ketat. Setiap peserta akan diperiksa suhunya dengan thermal gun, diwajibkan mengenakan masker, hingga standar physical distancing dan cuci tangan di fasilitas umum yang tersedia.

Aris Hargiyanto, salah satu panitia kegiatan ini menjelaskan, Komunitas HSB nantinya juga akan mengadakan kegiatan bersepeda, pemeriksaan gula darah, donor, dan masih banyak lagi.

“Intinya kita ingin setiap orang di WPS bisa hidup sehat. Dengan sehat bersama tentu harapannya sistem imun bisa lebih baik, sehingga terhindar dari serangan Covid-19,” kata Aris.

Setelah masing-masing sehat, lanjutnya, setiap orang bisa tetap produktif sehingga bisa mencari nafkah dan pada gilirannya roda ekonomi bergulir positif.

Selain senam, kegiatan ini juga diwarnai dengan bazar yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Seperti jajanan kering, sayur, nasi dengan lauk siap saji, dan masih banyak lagi.

“Setiap kegiatan yang tumbuh di WPS kami arahkan pada semangat pemberdayaan ekonomi warga. Begitu juga dengan kegiatan senam yang menerapkan protokol Covid hari ini. Di luar senam, kami juga membuka beberapa lapak untuk jualan,” kata Aris lagi.

Kirim Komentar