Nasional

Kemenpora Konsolidasikan Relawan Pemuda Bantu Korban Banjir

Kemenpora RI mengonsolidasikan berbagai elemen kepemudaan untuk menjadi relawan dalam membantu korban banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya. Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh bersama puluhan relawan pemuda dari organisasi kepemudaan, BEM, dan organisasi kepelajaran turun langsung untuk membantu korban banjir di Kelurahan Kampung Melayu Jakarta Timur, Jumat (3/1/2020).

Beberapa organisasi kepemudaan yang terlibat dalam tim relawan Kemenpora antara lain Gopala, Corp Brigade Pembangunan (CBP), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar NU (IPNU), serta relawan mahasiswa BEM dari berbagai kampus di DKI Jakarta antara lain Universitas Islam Jakarta, Universitas Az-Zahra, UIN Jakarta, dan UNJ.

“Salah satu peran strategis pemuda adalah sebagai peran kepeloporan dan kesukarelawanan. Karenanya, hari ini kami mengonsolidasikan potensi kaum muda untuk bersama-sama wujudkan solidaritas sosial n sumbangsih bagi keselamatan masyarakat”, ujar mantan aktifis 98 ini.

Relawan Kemenpora menyerahkan bantuan makanan siap saji untuk warga terdampak banjir di RW 02 Kelurahan Kampung Melaya Jakarta Timur, yang diterima langsung oleh Ketua dan Sekretaris RW 02 untuk diteruskan ke warga yang membutuhkan.

Tim Relawan Kemenpora juga membantu membersihkan fasilitas umum berupa masjid yang masih penuh lumpur. “Kondisi sekarang relatif lebih sulit karena air menggenang. Plus minus ada tanggul. Begitu air meluap melewati tanggul, maka air seperti kolam renang, tidak ada arus. Ini yang perlu diperhatikan”, ujar Ketua RW 02 Ahmad.

Dalam kunjungan ini, Niam didampingi oleh Asdep Kepemimpinan Ibnu Hasan, Kabid Kepemudaan Abdullah Masud, Kabid Kewirausahaan Khairil Adha, Ketua Umum IPNU Aswandi, Direktur Gopala Agus Harta, serta puluhan relawan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan, kemahasiswaan dan kepelajaran. Relawan Kemenpora membuka posko relawan banjir di kawasan Kampung Melayu Jakarta Timur dengan melibatkan para relawan pemuda.

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI memiliki prioritas program untuk pengembangan kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan serta kesukarelawanan pemuda. Selama ini, Kemenpora aktif mengonsolidasikan potensi kepeloporan dan kesukarelawanan kaum muda, baik yang tergabung dalam organisasi kepemudaan maupun kelompok minat bakat.

Kirim Komentar