Jawa Timur

Biennale Jatim 8, Semangat Melebur di Jawa Timur

Biennale Jatim adalah perhelatan dua tahunan yang menampilkan perkembangan seni rupa di Jawa Timur dan hubungannya dengan perkembangan seni rupa global. Pada akhir tahun ini, Biennale Jatim 8 diselenggarakan dalam format berbeda dibandingkan sebelumnya.

Mengambil tema “GAS TOK! Lebur Sakjeroning Jawa Timur”, Biennale Jatim 8 mengundang seluruh perupa dan kelompok seni di Jawa Timur untuk terlibat. Memposisikan gelaran Biennale Jatim sebagai sebuah perayaan dan imajinasi bersama yang bersifat inklusif. Mencoba merombak pandangan yang menempatkan Biennale Jatim sebagai sebuah peristiwa elit, adiluhung dan memusat sebagaimana dikenal selama ini.


Pada Biennale Jatim 8, tidak ada kurator dan pameran utama. Semua seniman dan kelompok seni di Jawa Timur dapat ambil bagian dengan membayangkan, merancang dan menjalankan kegiatan mereka sendiri. Sementara, Biennale Jatim bersalin rupa menjadi jaring penghubung dan sarana perluasan dari setiap inisiatif atau acara yang diusulkan.

Strategi ini dipilih sebagai sebuah usaha untuk memetakan ulang potensi seni rupa di Jawa Timur yang belakangan sangat bergairah. Muncul nama-nama perupa muda dengan berbagai corak karya; muncul kelompok-kelompok seni baru; makin banyak pameran diselenggarakan di berbagai kota dalam berbagai skala dan tema. Semua memberikan kontribusi dalam membentuk lanskap seni rupa di Jawa Timur hari ini.

Perhelatan Biennale Jatim kali ini juga diselenggarakan sebagai sebuah gagasan yang muncul dari bawah, berjalan tanpa anggaran Pemerintah Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) maupun sponsor dari pihak swasta. Seluruh kegiatan dan keluaran yang dihasilkan merupakan swadaya masing-masing pihak yang terlibat.

Biennale Jatim 8 akan berlangsung pada 20 Desember 2019 – 20 Januari 2020, melibatkan ± 500 seniman dan ± 40 kurator atau penyelengara. Seluruh rangkaian Biennale Jatim 8 terdiri atas ± 65 kegiatan yang tersebar di 16 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Seluruh arsip data dan dokumentasi kegiatan rangkaian Biennale Jatim 8 akan dikumpulkan dan dipublikasikan melalui akun Instagram @jatimbiennale8. Setelah penyelenggaraan, seluruh data dan dokumentasi tersebut akan diolah dan diterbitkan sebagai post-event catalogue dan pameran arsip.

Kirim Komentar