Kota Surabaya

Raih Nilai Tertinggi, Surabaya Raih Penghargaan IKCI 2018

SurabayaSatu, SURABAYA – Kota Surabaya kembali meraih prestasi. Kali ini penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 kategori Kota Metropolitan yang diselenggarakan Harian Kompas.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Jakarta, Rabu, (09/01/19).

Dijelaskan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser, penghargaan ini, diberikan kepada kota-kota yang dinilai berhasil menerapkan konsep kota cerdas atau smart city.
“Penghargaan itu, hari ini diterima langsung oleh ibu (Wali Kota Risma) di Jakarta,” kata Fikser saat mendampingi Wali Kota Risma menerima penghargaan IKCI 2018 di Jakarta, Rabu, (09/01/19).

Di ajang IKCI 2018, ada 93 dari 98 kota se-Indonesia yang termasuk dalam perhitungan indeks kota cerdas. 93 kota itu, kemudian dikelompokkan dalam empat kategori. Pertama, kategori Kota Metropolitan dengan penduduk minimal 1 juta jiwa.

Kedua, Kota besar, dengan jumlah penduduk lebih dari 500 ribu jiwa kurang dari 1 juta jiwa. Ketiga, Kota Sedang, dengan jumlah penduduk lebih dari 100 ribu jiwa hingga 500 ribu jiwa. Dan Keempat, Kota Kecil, dengan jumlah penduduk paling banyak 100 ribu jiwa.

Fikser menjelaskan, ini adalah penghargaan kedua berturut-turut yang diterima Kota Surabaya, setelah sebelumnya berhasil meraih IKCI yang pertama pada tahun 2015. Tahun ini, Kota Surabaya berhasil meraih peringkat teratas dengan nilai 67,03.

Kemudian disusul Kota Semarang, dengan nilai 63,69 dan pada urutan ketiga diraih Kota Tangerang Selatan, dengan nilai 61,68. Indeks penilaian ini, berfokus pada metode lingkaran kota cerdas milik Boyd Cohen.

“Enam indikator penilaian itu, terdiri dari pemerintahan, ekonomi, mobilitas, lingkungan, kualitas hidup, dan masyarakat,” ujarnya.

Litbang Kompas merilis daftar kota yang berhasil memperoleh penghargaan Indeks Kota Cerdas 2018. Untuk kategori Kota Metropolitan, Kota Surabaya berada di urutan pertama, disusul Semarang dan Tangerang Selatan. Sementara untuk kategori Kota Besar, diraih Kota Denpasar pada urutan pertama, disusul Surakarta dan Malang.

Untuk kategori Kota Sedang, berhasil diraih Kota Manado, disusul Salatiga dan Yogyakarta. Dan terakhir, kategori Kota Kecil, diraih Kota Padang Panjang, kemudian disusul Sungai Penuh dan Solok. (dwi nugroho | foto : istimewa)

Advertisement

Kirim Komentar